9 Tips Cara Menjadi Marketing Pemula Handal Dan Sukses Tanpa Pengalaman
Digital Marketing

9 Tips Cara Menjadi Marketing Pemula Handal Tanpa Pengalaman

Artikel yang memberikan kamu 9 tips cara menjadi marketing pemula handal dan sukses tanpa pengalaman yang bias diikuti tahap demi tahap.

Pengantar

Pemasaran atau marketing adalah bidang yang luas, mencakup segala hal mulai dari periklanan digital (digital marketing) branding, hubungan masyarakat (public relation) sampai dengan perencanaan acara dan promosi.

Jadi sebelum Kamu terjun langsung dalam mencari pekerjaan di bidang pemasaran (marketing), Kamu mungkin terlebih dahulu meluangkan waktu untuk berkenalan dengan berbagai disiplin pemasaran di luar sana sehingga Kamu dapat lebih memfokuskan pencarian pekerjaan Kamu.

Mungkin Kamu sudah melakukannya atau mungkin Kamu masih belum tahu. Tapi tidak apa-apa!

Di mana pun Kamu memasuki bidang ini, Kamu akan memiliki kesempatan untuk merasakan fungsi lain. Bkerja sama dengan tim besar bekerja sama,atau  tim kecil. Tim besar cenderung memiliki lebih banyak generalis.

Jadi bagaimana Kamu dapat menerobos bidang ini ketika belum memiliki pengalaman?

Sebelum kita bahas cara menjadi marketing pemula handal dan sukses, kita bahas terlebih dahulu kira-kira hal apa saja yang sebaiknya dimiliki seorang marketing, seperti dibawah ini.

6 Hal Yang Wajib Dimiliki Seorang Marketing

Setidaknya ada 6 (enam) kualitas apa yang dicari seorang klien atau pemberi pekerjaan atau atasan dalam diri seorang marketing.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Kemampuan Komunikasi Tertulis Dan Verbal Yang Baik

Seorang maerketing adalah seorang komunikator yang baik. Beberapa marketing seperti pembuat konten memang benar-benar dibayar untuk menulis dan/atau berbicara dengan baik. Tetapi setiap fungsi pemasaran membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik.

Tunjukkan kecerdasan Kamu dengan menyerahkan surat lamaran dan resume yang ditulis dengan baik dan bebas kesalahan ketik, dan dengan mempraktikkan kemungkinan pertanyaan wawancara sehingga Kamu dapat memberikan tanggapan yang tajam.

Jadi inilah salah satu kemampuan wajib yang harus dikuasai melalui cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

  1. Kemampuan Perhatian Terhadap Hal Detail

Karena pemasaran menghadap publik, sama sekali tidak ada ruang untuk kesalahan. Selain itu, sebagian besar upaya pemasaran memiliki beberapa bagian yang bergerak. Jadi perhatian terhadap detail di bidang ini adalah suatu keharusan. Menyoroti setiap koordinasi proyek yang telah Kamu lakukan di masa lalu adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa Kamu siap menghadapi tantangan.

  1. Kemampuan Bekerja Sebagai Anggota Tim

Bahkan jika Kamu adalah satu-satunya seorang marketing dalam sebuah organisasi, pekerjaan Kamu akan mengharuskan Kamu untuk bekerja dengan orang lain agar berhasil. Tunjukkan bahwa Kamu adalah anggota tim dengan menyoroti pengalaman di masa lalu Kamu bekerja dengan orang lain untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Jadi inilah salah satu kemampuan wajib yang harus dikuasai melalui cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

  1. Memiliki Kreativitas dan Kelincahan

Ada alasan mengapa seorang marketing distereotipkan sebagai seorang dengan tipe kreatif. Banyak dari mereka menghabiskan hari-hari mereka memimpikan cara baru untuk terhubung dengan pemirsa. Bahkan jika Kamu berakhir di bagian yang cukup analitis dari lapangan, Kamu mungkin harus cukup gesit untuk berhasil menjadi sangat baik dalam pemasaran berarti memotong semua kebisingan lain di luar sana untuk mencapai target pelanggan Kamu.

  1. Mampu Berpikir Analitis

Bukankah ini bertentangan dengan kreativitas? Tidak tepat. Pemasaran adalah salah satu pendorong pendapatan utama di sebuah perusahaan, yang berarti Kamu harus dapat mengukur upaya Kamu dan menunjukkan laba atas investasi untuk mengetahui apakah Kamu memenuhi tujuan. Kemampuan menampilkan data dan pemecahan masalah analitis akan memberi Kamu kekuatan.

  1. Memiliki Ketahanan dan Ketekunan

Pemasaran adalah siklus konstan untuk menguji ide, mengajukannya ke pemangku kepentingan, dan menyempurnakan strategi. Penyempurnaan strategi diperlukan karena terkadang startegi kita gagal dan pasti ada saatnya gagal.

Sebagai seorang marketing yang baik, kamu harus tangguh, terbuka untuk umpan balik, dan siap untuk belajar dari apa yang salah. Bersiaplah untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa Kamu bangkit kembali dari kesalahan, dan bahwa Kamu tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan benar.

Jadi inilah salah satu kemampuan wajib yang harus dikuasai melalui cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

 Setelah mengetahui kira-kira pemberi kerja menginginkan kemampuan apa saja dari seorang marketing, selanjutnya adalah bagaimana cara menjadi marketing pemula handal dan sukses.

9 Cara Menjadi Marketing Pemula Handal Dan Sukses

9 Tips Cara Menjadi Marketing Pemula Handal Dan Sukses Tanpa Pengalaman

Untuk mencapai kualitas seorang marketing yang diinginkan, kami berikan 9 cara menjadi marketing pemula handal dan sukses:

  1. Pelajari Bahasa Marketing

Sebagai seorang marketing, digital marketing tidak bisa dihindari, maka mempelajari bahasa digital marketing adalah keharusan.

Apa Kamu tahu arti singkatan SEO, SEM, PR, dan KPI? Tahukah Kamu apa artinya membayar per klik atau Pay Per Click?

Bagaimana dengan platform apa yang menyediakan analitik? Beri diri Kamu kursus kilat dalam istilah pemasaran dengan mengambil buku tentang dasar-dasar pemasaran atau berputar-putar di internet, mencari keterampilan pemasaran yang penting.

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

  1. Latih Kecerdasan Media Sosial Kamu

Media sosial adalah bagian penting dari pemasaran untuk sebagian besar bisnis saat ini. Jika Kamu dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Kamu tahu cara menghasilkan konten sosial yang menarik dan menumbuhkan pemirsa di beberapa platform, Kamu akan unggul dalam persaingan.

  1. Ikuti Ujian Sertifikasi Google Analytics

Pengetahuan analitik dasar adalah suatu keharusan untuk posisi pemasaran hari ini. Untungnya, Google membuatnya cukup mudah untuk mempelajari cara mengatur analitik pemasaran dan mendapatkan sertifikasi yang dapat Kamu masukkan ke resume Kamu dengan mengikuti Ujian Sertifikasi Google Analytics.

Materi pembelajaran meliputi 4 unit dengan 3-5 video per unit. Penilaian disertakan di akhir setiap unit untuk memastikan Kamu mengetahui barang-barang Kamu. Ujian saat ini memiliki sekitar 70 pertanyaan pilihan ganda dan skor 80% atau lebih tinggi diperlukan untuk lulus.

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

  1. Ikuti Ujian Sertifikasi AdWords

Selain goggle analytics, kamu juga dapat mengambil Ujian Sertifikasi Google AdWords. Hasil sertifikasi ini adalah cara hebat lainnya untuk menunjukkan bahwa Kamu bersedia bekerja lebih keras dan mengembangkan keterampilan pemasaran Kamu pada waktu Kamu sendiri.

Ini juga cara yang bagus untuk menonjol di mata calon pemberi kerja karena banyak orang terintimidasi oleh AdWords dan platform pemasaran online lainnya. Jika Kamu mengambil inisiatif untuk mendapatkan sertifikasi, Kamu akan selangkah lebih maju dari pelamar yang tidak.

  1. Kembangkan Keterampilan Menulis Kamu

Jika Kamu memikirkannya, kami membayar orang untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin kami lakukan sendiri. Kebanyakan orang tidak ingin kuliah selama 12 tahun untuk menjadi dokter, jadi mereka membayar dokter yang bersedia menginvestasikan waktu itu untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan.

Jadi, kapan pun Kamu dapat menemukan keterampilan berharga yang dihindari orang untuk dikembangkan, Kamu telah menemukan cara yang bagus untuk menonjol dari yang lain.

Menulis jelas merupakan salah satu keterampilan itu. Pembuatan konten adalah bagian besar dari pemasaran, yang menjadikan tulisan yang bagus sebagai bagian penting dari upaya pemasaran apa pun.

Namun, kebanyakan orang tidak suka menulis, jadi mengembangkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri Kamu adalah cara mudah untuk membedakan diri Kamu dari pemasar baru lainnya.

Ide untuk meningkatkan di bidang ini meliputi: membuat jurnal, memulai blog, mengikuti kontes menulis (Kamu akan terkejut betapa banyak yang ada di daerah Kamu) atau biasakan untuk menghabiskan sepuluh menit setiap hari menyelesaikan creative writing prompt.

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

  1. Buat Konten Kamu Sendiri

Tidak memiliki pengalaman di dunia nyata? Pergi untuk mendapatkan beberapa pengelaman!

Pilih merek favorit Kamu dan berpura-puralah bahwa Kamu bertanggung jawab untuk membuat kampanye iklan mereka berikutnya.

Berlatih membuat iklan dengan salinan (teks) yang menarik dan gambar yang memukau.

Ada ratusan tutorial tentang cara menggunakan Photoshop. Jika Kamu tidak memiliki Photoshop, gunakan pixlr (gratis). Jika pixlr terlalu banyak untuk ditangani untuk tingkat keahlian Kamu saat ini, cobalah Canva.

Meskipun membuat konten pemasaran Kamu sendiri tidak sebagus benar-benar bekerja sebagai pemasar, itu menunjukkan inisiatif dan membantu Kamu membangun portofolio kampanye dan iklan yang dapat Kamu gunakan dalam resume dan lamaran pekerjaan.

Plus, ini membantu Kamu mengembangkan keterampilan pemasaran yang lebih relevan, yang dapat memberi Kamu keunggulan pada kandidat lain.

  1. Pelajari InDesign dan Adobe Photoshop

Mampu melakukan beberapa desain grafis dasar akan menjadi aset di mana pun Kamu berada di dunia pemasaran. Jika Kamu bukan benar-benar seorang desainer tidak apa-apa, tetapi mengetahui jalan Kamu di sekitar InDesign dan Adobe Photoshop, dan mencatatnya di resume atau dalam wawancara jika perlu, akan menunjukkan bahwa Kamu serius dengan bidang tersebut.

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

  1. Belajar Dari Pakar

Sementara alat pemasaran, platform, dan peluang terus berubah dan berkembang, prinsip pemasaran pada dasarnya tetap sama. Semakin baik Kamu memahami prinsip-prinsip di balik pemasaran dan para pemain besar di dunia pemasaran, Kamu akan terlihat lebih kompeten dan berinvestasi dalam wawancara Kamu.

Dengan mengingat hal itu, cari Google Google “top 5 marketing books” dan baca buku-buku yang muncul lebih dulu. Tulis takeaways kunci Kamu sehingga Kamu dapat mendiskusikannya dalam wawancara. Membahas para pemikir besar di dunia bisnis akan memberi Kamu lebih banyak kredibilitas.

  1. Dapatkan Mentor

Ini bukan pengalaman pemasaran langsung tetapi, masih dalam konteks mendapatkan pekerjaan pemasaran, saya sangat menyarankan untuk mencari mentor di bidang Kamu.

Mentor dapat membantu Kamu menjawab pertanyaan sulit, memberikan umpan balik tentang pekerjaan Kamu, menghubungkan Kamu dengan pakar pemasaran lainnya, dan membantu Kamu mengembangkan beberapa keterampilan pemasaran yang penting.

Hari-hari ini, mendapatkan pekerjaan seringkali bukan soal seberapa bagus resume Kamu dan lebih banyak hasil dari siapa yang Kamu kenal.

Jadi, jika Kamu dapat menemukan mentor yang layak, Kamu dapat mengisi resume Kamu dan mendapatkan akses ke koneksi yang berharga. Ini adalah kemenangan ganda!

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses.

Pekerjaan Marketing Untuk Pemula

Setelah mengetahui cara menjadi marketing pemula, dan mengetahui kira-kira pemberi kerja menginginkan kualitas marketing seperti apa, selanjutnya bagaimana mendapatkan pekerjaan marketing.

  1. Cari Pekerjaan Pemula Bidang Pemasaran

Ada banyak dari mereka di luar sana! Lihat daftar pekerjaan di agensi, yang sering kali mendatangkan pemasar junior tingkat pemula dan melatih mereka dalam berbagai fungsi pemasaran, atau cari posisi seperti koordinator media sosial, humas junior, konsultan merek junior, atau perencana acara junior.

  1. Pertimbangkan Untuk Magang

Jika Kamu kuliah atau baru saja keluar, magang dapat membantu Kamu masuk ke organisasi sambil mendapatkan pengalaman berharga di lapangan. Carilah magang yang akan memberi Kamu gambaran nyata tentang pekerjaan yang mungkin ingin Kamu lakukan — yang akan membuat Kamu siap untuk membuktikan diri, jika posisi penuh waktu tersedia.

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses untuk masuk industry marketing professional.

  1. Pertimbangkan Pekerjaan Kontrak

Banyak agen pemasaran dan hubungan masyarakat (PR) mempekerjakan pekerja lepas di semua jenis fungsi — jika Kamu seorang penulis yang hebat, ahli media sosial, memiliki keterampilan desain atau fotografi yang baik, atau mengetahui seluk beluk pembuatan film atau pengeditan, Kamu mungkin dapat mengambil kontrak, bahkan tanpa pengalaman.

Atau, tahukah pemilik usaha kecil yang dapat menggunakan bantuan pemasaran? Buat beberapa kontrak kerja dengan mereka — rencanakan acara, kelola jangkauan media mereka, atau jalankan media sosial mereka. Berikan potongan harga sampai Kamu memiliki beberapa klien dan membangun keterampilan Kamu.

  1. Jadilah Relawan

Kampanye politik dan organisasi nirlaba pada dasarnya dijalankan oleh sukarelawan — dan ada kemungkinan besar mereka akan senang jika Kamu membantu pekerjaan pemasaran dan komunikasi di waktu luang Kamu. Tanyakan apakah Kamu dapat membantu menjalankan sosial, menulis konten, merekam video, atau membuat iklan — itu akan memberi Kamu pengalaman praktis untuk resume Kamu.

Jadi inilah salah satu cara menjadi marketing pemula yang handal dan sukses untuk masuk industry marketing professional.

  1. Tawarkan Diri Untuk Mengambil Tanggung Jawab Pemasaran Di Pekerjaan Kamu Saat Ini

Mungkin Kamu bekerja di sebuah restoran yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan akun media sosialnya. Atau pengecer kecil yang layak mendapatkan beberapa pers lokal. Tawarkan untuk mengambil beberapa jam kerja pemasaran setiap minggu. Kamu akan meningkatkan bisnis Kamu, dan merasakan bagaimana rasanya bekerja untuk klien.

Penutup Cara Menjadi Marketing Pemula

Demikianlah 9 tips bagaimana cara menjadi marketing pemula handal dan sukses. Kamu bisa mengaplikasikan tips-tips tersebut setahap demi setahap.

BisnisPNS sbagai konsultan digital marketing dan tempat kursus digital marketing di Bandung memberikan Anda solusi memulai online marketing bisnis Anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *