membuat website wordpress untuk pemula
Website

Membuat Website WordPress Untuk Pemula (3 Langkah Tutorial Step by Step)

Kamu ingin membuat website sendiri? tapi kamu gaptek?googling infonya gak lengkap? katanya ada tutorial tapi disuruh jadi member atau beli ebook? Disini akan saya urai lengkap, dari awal sampai akhir, step-by-step mudah membuat website wordpress untuk pemula bagi kamu yang gaptek sekalipun.

Langkah-langkah membuat website wordpress untuk pemula.

  • Langkah 1 : Menyiapkan hosting dan domain;
  • Langkah 2 : Login ke cPanel dan wp-admin WordPress, setting komponen-komponen WordPress, dan posting artikel pertama;dan
  • Langkah 3 : Optimasi website WordPress untuk mesin pencarian dengan optimasi komponen WordPress dan plugin.

 membuat website wordpress untuk pemula

Membuat website ini adalah salah satu cara memulai bisnis online dari nol. Website ini cocok buat kamu yang tujuan berbisnisnya untuk jangka menengah-panjang dan mendapatkan passive income.

Baca juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol (Ikuti 3 Langkah Ini!)

 

Overview Pengantar

Sebelum mulai tutorial membuat website wordpress untuk pemula ini, kamu harus tahu dulu beberapa hal dasar. Hal tersebut antara lain tentang website dan beberapa istilah, definisi yang akan kamu temui dalam bagian-bagian selanjutnya.

Apa itu Hosting, Domain dan Website

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah pengertian hosting, domain dan website. Gak lucu kan, mau buat website tapi pengertian website aja masih salah-salah.

Website adalah tempat dimana data dan informasi yang bisa diakses melalui internet. Dalam dunia nyata, sebuah website bisa diibaratkan sebagai sebuah bangunan. Contoh website: Bisnis PNS.

Domain merupakan sebutan unik dan khusus yang diberikan untuk mengenali alamat server komputer (IP address) di internet . Domain ini bisa kita asumsikan sebagai alamat dari suatu bangunan. Misal: https://www.bisnispns.com/

Url: sebutan unik dan khusus yang diberikan dalam sebuah domain. Domainnya itu sendiri adalah sebuah url. Hal ini bisa dianalogikan sebagai alamat suatu ruangan dalam bangunan. Contohnya seperti : https://www.bisnispns.com/memulai-bisnis-online/

Hosting adalah sebuah layanan yang dipergunakan untuk menyimpan data dan informasi dalam website, supaya dapat diakses melalui internet. Website harus menempel dalam hosting ini.Kamu bisa analogikan hosting ini sebagai tanah dimana bangunan itu berdiri.

membuat website wordpress untuk pemula

Jenis-jenis website

Seperti jenis bangunan yang bermacam-macam, website juga memiliki berbagai macam jenis. Saya akan bahas beberapa jenis website saja, karena banyak sekali jenisnya. Saya mengharapkan mendapatkan ide jenis website apa yang akan kamu buat.

Blog  merupakan website yang berisi seperti diary/buku harian. Website ini bercerita tentang kegiatan sehari-hari seseorang. Contoh: Deddynurfaqih.com

Toko online: website yang berisi tentang jualan seperti toko dalam dunia nyata. Contohnya Kebayarosi.com; Tomkins.store

membuat website wordpress untuk pemula

 

membuat website wordpress untuk pemula

Company Profile merupakan  website yang berisi tentang semua infomasi data suatu perusahaan atau suatu instansi. Contohnya Pertamina.com, Esdm.go.id

Portal berita adalah website yang menyediakan artikel berita-berita atau informasi kepada pengguna. Seperti Koran/majalah dalam dunia nyata. Contoh : Detik.com; Kompas.com

membuat website wordpress untuk pemula

membuat website wordpress untuk pemula

Search Engine adalah website yang menyediakan informasi kepada pengguna berdasarkan kata kunci/keywords. Contoh : Google.com; Bing.com

Forum adalah website yang menyediakan layanan wadah  interkasi anatara penanya dan penajawab. Kaskus.co.id; Forum.pengadaan.id;

Selain jenis-jenis diatas masih banyak jenis-jenis website, apakah dilihat dari sisi desain dilihat dari sisi fungsi dsb.

Selain jenis-jenis tadi ada juga yang kita sebut homepage. Homepage ini merupakan halaman home yaitu halaman awal dari suatu website (tampilan pertama website yang akan kamu lihat).

Metode membuat website

Untuk membuat website saat ini ada 2 pilihan dari yang lumayan rumit sampai dengan yang paling mudah. Dua pilihan metode itu adalah :

Membuat website dengan programming.

Metode ini merupakan cara membuat site yang paling lama sebelum adanya website builder atau sistem CMS. Dengan merode ini kamu bisa berkreasi sebebas mungkin tanpa adanya batasan.

Kabar buruknya adalah kamu wajib mengerti bahasa programming. Dua bahasa program yang sering dipakai adalah html dan css. Metode ini tidak cocok untuk membuat website wordpress untuk pemula karena kerumitannya.

Membuat website dengan website builder.

Ada dua jenis website builder yaitu website builder yang offline dan online. Saat ini website builder sangatlah mudah digunakan. Dulu untuk menjalankannya, kamu harus mengerti dengan bahasa programming html atau css.

Saat ini website builder sangat user friendly dengan metode form dan/atau metode drag and drop. Metode ini yang paling cocok dalam membuat website wordpress untuk pemula.

Metode web builder offline

Metode ini mungkin akan lebih tepat dikatakan sebagai website design software. Software ini dijalankan di pc/laptop untuk membuat isi suatu website. Komponen seperti page dan post dll dibuat secara offline yang selanjutnya di di publish dengan menyewa hosting. Contoh software ini adalah dreamweaver dan Amaya.

membuat website wordpress untuk pemula

Metode web builder online

Metode web builder online ini merupakan metode paling popular saaat ini. Web builder ini dahulunya biasa disediakan oleh perusahaan hosting. Namun saat ini telah berkembang aplikasi web builder oleh perusahaan independent.

Content Management System (CMS)

Metode web builder online sekarang identik sekali dengan apa yang disebut CMS atau Content Management System. CMS adalah sebuah sistem yang memungkinkan kamu untuk membuat konten dan mempublikasikan ke website. Dengan CMS ini memungkinkan kamu menambahkan konten digital seperti teks, foto, suara dan video ke dalam website.

Metode inilah yang akan saya ajarkan kepada kamu dalam artikel ini.

Jenis CMS

Saat ini terdapat puluhan jenis CMS yang dapat dipilih seperti wordpress, drupal, dan joomla. Menurut data dari https://trends.builtwith.com/cms. WordPress merupakan CMS paling favorit di pasara dengan sharing market sebesar 36% pasar dunia.

membuat website wordpress untuk pemula

Bahkan di Indonesia, sharing market diperkirakan lebih besar. Hal ini diindikasikan dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa ketiga yang sering digunakan di wordpress setelah bahasa inggris dan bahasa spanyol.

Kelebihan wordpress

Mari kita lhat beberapa kelebihan wordpress dibandingkan CMS yang lain. Kelebihan-kebihan wordpress antara lain:

  • Mudah diinstal Mudah digunakan Ideal untuk individu yang tidak jago IT
  • Banyak support  Komunitas yang kuat dan open source
  • SEO Friendly
  • Customizable (plugin & theme)
  • Publikasikan konten dengan sekali klik
  • Mobile friendly

membuat website wordpress untuk pemula

3 langkah mudah membuat website untuk pemula

Langkah 1 – Persiapan membuat website

1.      Persiapkan nama domain kamu dan cek ketersediannya.

Tips untuk nama domain

Pada prinsipnya penggunaan website berdasarkan tujuan bisa dipilah sebagai website pribadi, website bisnis dan website hobi.

Untuk website pribadi atau nge-blog, kamu bisa digunakan nama kamu sendiri. Baik nama sesuai KTP ataupun nama panggilan. Sedangkan untuk website bisnis dan hobi, kamu bisa langsung gunakan nama hobi kita atau niche hobi kita. Misalkan hobi atau bisnis kita berkebun, kita bisa coba cek “berkebun.com”.

Jadi kamu akan membuat website untuk tujuan apa? Silahkan berikan komen kamu dibawah!

Untuk mengecek apakah nama domain kamu yang kamu pikirkan sudah ada yang memakai atau tidak bisa dicek disini.

membuat website wordpress untuk pemula

Utamakan suffix .com

Bila ternyata domain .com sudah dipakai bisa pakai alternative lain, misalkan .net, .org, .net. atau .biz atau .id. Atau bisa juga gunakan kata tambahan dengan niche yang lebih spesifik. Misalnya “berkebun-hidroponik.com”.

Dari pengalaman, saya menyarankan untuk mengutamakan pake .com karena masyarakat Indonesia masih cenderung kalau internet itu .com. Jadi tips pertama membuat website wordpress untuk pemula adalah gunakan .com.

Untuk pemesanan host dan domain, hampir semua website yang saya punyai saat ini, saya mempercayakannya kepada provider host/domain dewaweb.

Ada 3 alasan utama saya mengapa memilih dewaweb, yaitu:

  1. CS yang yang responsive 24 jam;
  2. loading time-nya yang sangat cepat; dan
  3. harganya yang bersahabat.

2.      Pesan Paket Host dan Domain yang cocok

Setelah dicek bahwa domain yang kamu inginkan masih tersedia, kamu bisa lanjutkan dengan memilih paket host dan domain dari provider dewaweb.

membuat website wordpress untuk pemula

Ada beberapa paket di dewaweb, sebagai pemula saya sarankan untuk memilih antara hunter atau warrior. Sebagai pemula saya menyarankan kamu memilih paket hunter atau paket warrior.

membuat website wordpress untuk pemula

Apabila dalam perjalanannya ternyata spesifikasi paket kamu kurang, kamu selalu bisa upgrade ke paket lebih tinggi dengan membayar kekurangannya.  Tapi dari pengalaman, untuk pemula paket itu saja sudah sangat berlebih.

Pilih paket untuk satu tahun untuk dapat biaya domain gratis untuk domain tertentu.

membuat website wordpress untuk pemula

3.      Pembayaran host dan domain

Setelah memilih masukkan ke dalam keranjang belanja dan lanjutkan ke pembayaran. Sebelum membayar kamu akan diminta mengisi form. Setelahnya kamu akan dapat invoice berapa jumlah yang harus dibayar plus akhiran cantik untuk konfirmasi. Invoice bisa dibayar lewat barbagai pilihan,  penjelasannya semua ada di invoice.

Setelah pemesanan, kamu pun akan dapat email pemberitahun tentang domain yang dipesan dan invoice lengkap dari dewa web.

membuat website wordpress untuk pemula

membuat website wordpress untuk pemula

4.      Konfirmasi Pembayaran host dan domain

Setelah kamu melakukan pembayaran memakai angka unik,  biasanya kurang dari 10 menit sudah dapat 3 email konfirmasi. Bila setelah beberapa waktu, kamu tidak dapat email maka kamu bisa  kirim konfirmasi CS dewaweb. Kalau saya biasanya saya langsung aja tanya ke CS nya si Ninja Dewaweb yang berada di sebelah kiri bawah website.

membuat website wordpress untuk pemula

membuat website wordpress untuk pemula

Email yang berjudul “konfirmasi registrasi domain” merupakan email pemberitahun untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain. Buka email ini dan lakukan verifikasi. Ini penting dilakukan sebagai sebagai pernyataan bahwa domain ini memang miliki anda.

membuat website wordpress untuk pemula

Email perihal “informasi account hosting” merupakan informasi tentang hosting. Salah tiganya berisi username, password dan alamat cpanel untuk masuk ke CPanel. Saran saya, kamu wajib simpan username dan password ini. Jika kamu punya email lain forward email ini, sebagai jaga-jaga, siapa tahu kamu lupa atau email ini terhapus. Bisa juga disimpan di evernote.

membuat website wordpress untuk pemula

Email terakhir tentang konfirmasi pembayaran invoice kamu. Kamu boleh baca untuk menambah pengetahun tentang domain kamu.

Apabila setelah pembayaran tidak menerima email tadi, sebelum hubungi si ninja, kamu cek dulu ketiga email tersebut di folder spam. Beberapa kali, ketiga email tersebut jatuh ke folder spam saya.

Tahap pertama dari 3 langkah membuat website wordpress untuk pemula telah selesai. Selamat sekarang kamu punya tanah (hosting) dan alamatnya (domain) di dunia maya. Meskipun belum ada bangunannya. Jika kamu mengambil paket tahunan sesuai saran saya, minimal sampai tahun depan, domain kamu aman.

Selanjutnya mari kita mulai buat bangunannya (website).

membuat website wordpress untuk pemula

Langkah 2 – Step-by-step Instalasi wordpress

5.      Login ke cPanel

Hal pertama dari langkah kedua membuat website wordpress untuk pemula adalah login ke cpanel. Urlnya dapat kamu lihat Email perihal “informasi account hosting” . Atau ketik “alamat domain kamu/cpanel”, contoh “www.berkebun-hidroponik.com/cpanel”.

Setelah masuk ke cpanel, sekarang kita install wordpress. Carilah bagian softaculous Apps Installer dan klik logo WordPress.

membuat website wordpress untuk pemula

membuat website wordpress untuk pemula

6.      Install wordpress

Setelah wordpress installer diklik, tunggu sampai selesai. Setelah selesai akan muncul halaman setting untuk setting ini, hanya ada 6 bagian yang harus kamu isi/pilih.

Pertama pilih prefik alamat domain, akan ada 4 pilihan. Saya sarankan memilih salah satu dari 2 yaitu :

  • https://www. atau
  • https:// (tanpa www).

Bila yang dipilih tanpa www maka alamat website kamu menjadi https://namawebsite kamu. Alasan memilih keduanya dibandingkan dua lain yang tanpa s adalah karena google. Bahwa mulai tahun depan domain tanpa s (kependekan dari secure) akan disaring oleh google.

Alamat lengkap domain kamu akan menjadi:

  • https://www.berkebun-hidroponik.com atau
  • https://berkebun-hidroponik.com/cpanel

Selanjutnya adalah masukkan nama website kamu dan tagline kamu. Nama ini boleh berbeda dengan alamat domain kamu. Berilah tagline yang menarik pengunjung. Disarankan nama dan tagline mencerminkan isi website.

2 selanjutnya adalah isi username dan password untuk login wordpress. Ingat dan simpan baik-baik karena ini untuk masuk ke wordpress kita sebagai administrator (admin).

Dibagian terakhir masukkan alamat email untuk menyimpan informasi setting wordpress kamu ini. Tetapi username dannpassword diatas harus disimpan. Karena dalam email, password dalam bentuk tulisan titik-titik saja. Jadi kalau lupa password email ini tidak terlalu membantu.

7.      Masuk ke wordpress

Selanjutnya kita login ke setting wordpress  menggunakan alamat website kamu plus wp-admin. jadi ketik misalkan

  • https://berkebun-hidroponik/wp-admin; atau
  • https://www.berkebun-hidroponik.com/wp-admin

Untuk login gunakan username dan password di langkah 6 tadi.

membuat website wordpress untuk pemula

8.      Setting komponen homepage website

Sekarang saatnya kita mulai setting homepage. Pilih dashboard-beranda, kemudian pilih tombol sesuaikan.

Sekarang kamu bisa masukkan gambar banner, dan nama website, dan slogannya serta logo di tab browser. Dalam nama dan slogan ini, buatlah sesuai keyword yang diinginkan untuk mempermudah google mencari tahu tentang isi website kamu.

9.      Siapkan kategori

Selanjutnya, mari kita posting artikel pertama kamu. Namun sebelumnya, saya sarankan kamu membuat dulu kategori dari tulisan-tulisan yang akan kamu buat. Tapi bila belum ada ide apa saja kategorinya, kamu bisa skip dan langsung posting artikel.

10. Posting artikel pertama

Untuk posting artikel, kamu masuk ke bagian Post, pilih tambah baru. Silahkan kamu isi judul dan tulisan kemudian klik tombol terbitkan yang ada di kolom sebelah kanan. Bila belum mau menerbikan bisa simpan aja dulu draftnya. Untuk melihat hasil sebelum menerbitkannya bisa klik tombol pratinjau.

Selamat kamu sudah punya website dengan postingan pertama. Kamu telah berada di tahap kedua dari 3 langkah membuat website wordpress untuk pemula telah selesai.

membuat website wordpress untuk pemula

membuat website wordpress untuk pemula

Langkah 3 – Optimasi Dasar website untuk mesin pencari

Optimasi ini bertujuan untuk membuat bagaimana website kita ramah dengan oom gugle. Apabila oom gugle sudah ramah maka kamu bisa berharap search engine google bisa mengarahkan orang-orang ke websitemu.

Tujuan utama membuat artikel kan untuk dibaca orang. Banyak artikel bagus tapi gak dikenal dan gak dibaca banyak orang gara-gara tidak bisa dicari.

Di awal ini, saya hanya jelaskan 3 cara optimasi dasar, yaitu :

  • optimasi setting komponen di wordpress itu sendiri;
  • setting menggunakan plugin; dan
  • setting komponen wordpress yang memerlukan plugin.

11. optimasi setting komponen di wordpress

Halaman “Tentang Kita” (“About Us”)

Buatlah satu halaman (page) tentang kita/saya (about us/about me) yang berisi menjawab pertanyaan siapa pemilik website.

Bahasa

Setting saya sarankan menggunakan bahasa Indonesia apabila artikel dan target pembaca kita orang Indonesia.

membuat website wordpress untuk pemula

Permalink

Permalink ini untuk membuat url kamu langsung ke judul kamu. Ini akan mempercepat dan mempermudah google mencari artikel kamu.

membuat website wordpress untuk pemula

12. optimasi setting komponen Plugins

Ada beberapa plugin wajib gratisan yang saya sarankan kamu harus dipasang dalam website kamu. Tujuan plugin ini bermacam-macam tapi ujuan utamanya adalah membuat website kita mudah dicari orang melalui perantaraan mesin pencari seperti google.

Cara pasang plugin

Ada 2 cara pasang plugin yaitu menggunakan wizard aplikasi wordpress dan mengupload secara manual

membuat website wordpress untuk pemula

membuat website wordpress untuk pemula

7 plugin wajib
  • Post Thumbnail Editor

Plugin ini akan membuat gambar thumbnail secara otomatis artikel dari gambar kamu yang ada.

  • LiteSpeed Cache

Plugin ini untuk mempercepat waktu loading website kamu.

  • Akismet Anti-Spam

Plugin yang ngejagain website kamu dari komen-komen spam yang akan memperberat waktu loading dan memakan memori website kamu.

  • Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)

Plugin untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung dll website kita.

  • Wordfence Security

Plugin yang menjaga website kamu dari para hacker yang berniat merusak website kamu.

  • WP Content Copy Protection & No Right Click

Plugin yang mencegah klik kanan di website kamu. Jadi tidak ada yang bisa mencopy paste isi website kamu.

  • Yoast SEO

Plugin wajib untuk optimasi website dari pencarian google.

13. optimasi setting gabungan komponen wordpress dan Plugins

Dua halaman sitemap dan contact us ini bertujuan untuk menunjukan kepada pembaca dan sekaligus google bahwa website ini kredibel.

Page sitemap

Membuat sitemap dapat dibuat dengan mudah dengan menggunakan beberapa plugin seperti Sitemap Generator atau Dagon Design Sitemap Generator.

Page contact us

Untuk membuat pengunjung bisa menghubungi salah satunya dengan membuat halaman contact us. Halaman ini akan mudah dibuat dengan plugin bernama Contact Form 7.

Sharing ke medsos

Salah satu yang akan meningkatkan kredibilitas website kamu adalah apabila tulisan kamu banyak di sharing di media social. Nah plugin untuk sharing artikel kamu bisa digunakan Cresta Social Share Counter dan Jetpack.

Selamat kamu sudah punya website lengkap dengan komponen optimasi dasar. Kamu sekarang telah berada di terakhir 3 langkah membuat website wordpress untuk pemula.

Apabila ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas, kamu bisa meninggalkan pertanyaan-pertanyaan dikomen. Pasti akan saya jawab secepatnya. Apabila artikel ini berguna bagi kamu atau teman kamu, silahkan disharing sebanyak-banyaknya.

Summary 3 langkah membuat website wordpress untuk pemula

Dari artikel panjang saya tentang membuat website wordpress untuk pemula diatas, dapat saya rekap sebagai berikut:

  1. Nama domain
    1. Pilih paket host dan domain
    2. Pembayaran host dan domain
    3. Konfirmasi pembayaran dan domain
  2. Step-by-step Instalasi WordPress
    1. Login CPanel
    2. Install WordPress
    3. Login WordPress
    4. Setting homepage website
    5. Buat kategori
    6. Posting artikel
  3. Optimasi Dasar website untuk mesin pencari
    1. Komponen WordPress
      • Halaman tentang kita (Page About us)
      • Setting bahasa
      • Setting permalink
    2. Plugin
      • Post Thumbnail Editor
      • LiteSpeed Cache
      • Akismet Anti-Spam
      • Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)
      • Wordfence Security
      • WP Content Copy Protection & No Right Click
      • Yoast SEO
    3. Komponen WordPress+Plugin
      • Halaman (Page) Sitemap)–>Sitemap Generator
      • Halaman (Page) Contact Us –> Contact Form 7

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *