Memulai Bisnis Online
Ide Usaha | SEO | Social Media Marketing | Website

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Mulai dari Nol (Ikuti 3 Langkah Ini!)

Sudah lama ingin punya usaha sampingan tapi sampai saat ini hanya sebatas keinginan? ingin memulai bisnis online tapi tahu mau bisnis apa?ingin mulai tapi tidak pernah berbisnis online sebelumnya? ingin mulai tapi tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis online darimana?

Untuk memulai bisnis online kamu dapat menggunakan konsep 3M yang saya gunakan. M pertama, Mulai dari sendiri yaitu siapkan mental/mindset sebagai pebisnis online. M kedua, Mulai dari saat ini yaitu pikirkan konsep bisnis yang ingin dibangun. Dan M terakhir, Mulai dari hal yang kecil yaitu mulai dengan yang bermodal kecil atau gratisan dan hal yang mudah.

Memulai Bisnis Online

7 alasan mengapa harus mulai bisnis online?

Sebelum membahas tentang konsep 3M tadi, kamu harus tahu dulu 7 alasan mengapa kamu harus memulai bisnis online:

  1. Bisnis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama memiliki akses internet;
  2. Bisnis ini bisa dilakukan siapa saja selama bisa mengakses komputer. Jadi tidak ada alasan bahwa kamu gaptek (ada saudara yang yang cacat, punya bisnis online yang besar);
  3. Pemasaran tidak terbatasi waktu, bisnis bisa dilakukan selama 24/7 (24 jaam selama 7 hari seminggu);
  4. Pemasaran tidak terbatasi batas geografi bisa ke seluruh dunia;
  5. Bebas aturan-aturan kantor,  kamu tidak terikat SOP dan disiplin tentang waktu;
  6. Modal relative lebih kecil,  modal yang dibutuhkan tidak sebesar menjalankan bisnis offline sehingga risikonya kecil;
  7. Jenis usaha yang tidak terbatas, banyak orang sukses bisnis online sesuai dengan hobi dan passionnya.

dengan 7 alasan diatas memulai bisnis online ini bisa menjadi satu peluang usaha sampingan PNS yang menjanjikan.

Asal Mula Konsep 3M

Konsep 3M ini merupakan slogan trademark dari Aa Gym (Abdullah Gysmnastiar) salah satu ulama yang juga sukses menjadi pengusaha. Dengan merek Daarut Tauhiid (DT),  beliau memiliki banyak jenis usaha. Dimulai dari koperasi pesantrennya, ada juga stasiun TV dan radio, biro travel untuk umrah haji,  hotel,  restoran,  cafe,  percetakan dll. Prinsip 3M inilah yang menjadi salah satu slogan utamanya.

M1 : Mulai dari diri sendiri

Untuk memulai bisnis online, kamu minimal harus memiliki 3 sikap mental atau mindset yaitu tekad yang kuat, fokus dan konsisten. Dengan 3 sikap sikap mental ini apapun usaha kamu pasti akan menghasilkan kesuksesan dalam kehidupan.

Tekad yang Kuat

Dalam agama saya, Islam, tekad ini biasa disebut juga  azzam, atau makna lengkapnya kebulatan tekad, tabah dan tekun. Menurut KBBI tekad adalah kemauan (kehendak) yang pasti; kebulatan hati; iktikad.

Kamu harus terlebih dahulu menanamkan nilai ini pada diri sendiri bahwa kamu ingin memulai bisnis online sampai sukses. Coba singkirkan sikap males yang ada dalam diri kamu. Kalau dalam perjalanannya, kamu merasa sedikit jenuh, ngantuk, cape, lelah coba ingat lagi azzam diatas. Kesuksesan dapat diraih dengan kerja keras dan tekad yang bulat kuat.

Mentor saya sampai sakit diakhir bulan ketiga ketika memulai bisnis online ini karena ingin memenuhi targetnya. Bukan saya menganjurkan untuk kerja keras sampai sakit. Hal ini hanya sebagai gambaran saja, bagaimana kuatnya tekad seseorang. Tentu saja selain hard work kamu juga harus smart work.

Memulai Bisnis Online

Fokus atau focus

Menurut KBBI salah satu artinya fokus adalah pusat. Saya sendiri senang dengan definisi focus sebagai “Follow One Cource Until Success”. Jadi artinya kamu harus punya satu pusat dalam mengerjakan sesuatu hal sampai berhasil.

Bagi pemula termasuk saya dulu, punya semangat yang tinggi untuk memulai bisnis online ini. Saat itu, semua informasi yang saya dapat, langsung dicoba untuk dipraktekan. Akhirnya saya mengalami apa yang dinamakan “overload information syndrome”. Saya jadi pusing, stres, karena semua penting semua bagus. Tidak tahu prioritas. Stresnya bertambah parah ketika ternyata yang dicoba-coba tadi tidak menghasilkan sesuai harapan.

Mencari informasi sebanyak dan selengkap mungkin adalah suatu keharusan tapi mengikuti semua informasi tanpa prioritas itu suatu kesalahan. Kamu harus fokus memilih jalan sesuai tujuan kamu.

Dalam menjalani bisnis online ini dibutuhkan fokus. Banyak cara untuk mendapatkan uang di bisnis online ini. Kamu harus fokus kepada metode dan media yang sesuai tujuan dan niche kamu. Jangan coba-coba untuk mencoba semua metode/tips/trik/cara yang ada.

Menurut saya, janganlah coba-coba dengan  dengan metode/medium dkk sebelum kamu menentukan tujuan dan niche kamu untuk memulai bisnis online ini. Bagaimana cara menentukan tujuan dan niche akan dibahas di M yang kedua ya. Ini masih M yang pertama.

Memulai Bisnis Online

Konsisten

Kata yang mudah diucapkan tapi susah untuk dilakukan. Gampangnya pengertiannya akan dijelaskan pake analogi. Contoh langsung dalam bisnis online yaitu lebih baik 1.000×1 dibandingkan 1×1.000. Ini artinya lebih baik posting 1.000 hari satu postingan dibandingkan 1 hari memposting langsung 1.000.

Masih inget gak dulu temen-temen kamu yang ranking satu. Mereka bukan hanya pintar tapi mereka itu konsisten. Mereka biasanya menyicil belajar setiap hari bukan sistem SKS (sistem kebut semalam) sebelum ujian.

Menerapkan metode yang biasa-biasa aja tapi secara konsisten, hasilnya akan lebih baik daripada menggunakan metode bagus satu kali. Sebagus apapun metode, tips dan trik yang ada apabila tidak dilakukan secara konsisten maka hasilnya tidak akan terlalu optimal.

Apakah hanya 3 sikap mental dan mindset itu saja yang dibutuhkan? Tentu saja tidak, tapi minimal 3 hal itu yang harus kamu punya. Didalamnya menyimpan sifat-sifat positif yang lain.

Beberapa sikap mental lain seperti optimis, rajin,  kerja keras dan memiliki determinasi tinggi. Kalau sudah bertekad pasti memiliki sikap optimis yang besar. Kalau konsisten pasti rajin dan bekerja keras. Kalau fokus pasti optimis dengan determinasi yang tinggi.

Memulai Bisnis Online

M2 : Mulai dari saat ini

Untuk memulai bisnis online mulailah dengan “Setting the Goals” yang otomastis menentukan media dan tentukan niche kamu. Tetapkan tujuan kamu, karena hidup tanpa tujuan bagaikan hidup sebagai zombie. Begitu juga dengan bisnis, bisnis tanpa tujuan berarti bisnis seperti zombie. Jadi untuk memulai bisnis online ini pun, kamu harus segera tetapkan goal dan target-target lainnya.

Setting the Goal

Goal dalam berbisnis online dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Atau dapat juga dibagi menjadi berdasarkan jenis income yang ingin didapat yaitu active income atau passive income.

Tujuan Jangka Pendek vs Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka pendek disini artinya setelah memulai bisnis online ini dalam waktu dibawah 6 bulan sudah terasa hasilnya.

Bila target kamu ini maka lakukanlah bisnis online di media sosial seperti facebook, instagram, youtube, google+, twitter, linkedin dan pinterest. Itu merupakan  6 besar media sosial yang digunakan di Indonesia.

Saya juga menganjurkan menggunakan linkedin dan pinterest. Mengapa? saat ini linkedin menjadi media sosial yang sedang naik daun di dunia. Saya perkirakan sebentar lagi trend ini akan masuk ke Indonesia. Sedangkan pinterest tidak seperti media sosial yang lain, postingan di pinterest searchable sehingga bisa menjadi aset kamu dimasa depan.

Memulai Bisnis Online

Apabila goal kamu untuk memulai bisnis onlline  ini untuk jangka panjang maka gunakanlah website sebagai medianya. Baru dalam 6 bulan, kamu akan merasakan hasilnya. Ini pun yang kamu terima masih uamh-uang “receh”  saja, bukan hasil yang bisa kamu banggakan. Mengapa 6 bulan,  karena dalam waktu 6 bulanlah inilah tulisan-tulisan kamu mulai dibaca orang.

Waktu 6 bulan ini pun belum jadi jaminan karena website harus pakai Search Engine Optimization (SEO). Ditambah lagi algoritma oom gugel yang selalu berubah-ubah.

Tapi yakinlah, website kamu akan sangat menghasilkan penghasilan di tahun-tahun berikutnya. Dari pengalaman yang ada, satu website berumur 2 tahun yang baik bisa menghasilkan 10 juta per bulan.

 

Memulai Bisnis Online

Active Income vs Passive Income

Untuk memulai bisnis online ini, kamu bertujuan mendapatkan, aktif income atau passive income? Kalo pertanyaan itu ditujukan ke saya, maka pasti saya pilih passive income. Saya khawatir apabila saya sudah tidak bisa aktif beraktivitas untuk menghasilkan pendapatan lagi. Hal ini yang biasanya ditawar-tawarkan sales asuransi, dengan bayar sedikit nanti pas gak aktif dapat banyak tanpa kerja.

Tapi apa itu active daan passive income? Active income adalah penghasillan yang kamu dapatkan saat aktif  bekerja. Jadi kalau kamu bekerja, baru kamu dapat penghasilan, tidak bekerja tidak dapat penghasilan. Sedangkan passive income ialah pendapatan yang kamu peroleh bahkan saat kamu tidak aktif  kerja sekalipun.

Sampai saat ini masih banyak yang belum percaya dengan passive income kecuali yang sudah sukses dengan multi level marketing (MLM). Passive income juga bisa didapat dari properti, apabila kamu menyewakan properti kamu maka kamu akan mendapatkan uang sewa.

Untuk MLM, banyak yang menolak atau gagal dengan sistem ini dengan berbagai alasan. Tidak bisa mengajak oranglah, barangnya yang terlalu mahal lah. Sedangkan untuk terjun ke bisnis properti juga tidak mudah karena membutuhkan modal yang besar.

Memulai Bisnis Online

Jadi, selain MLM  dan properti, apakah ada usaha lain yang bisa kita lakukan menghasilkan passive income? jawabannya ada, yaitu bisnis online. Lebih khusus lagi, bisnis online dengan membuat website. Apakah bener website bisa menghasilkan? Jawabannya sangat bisa. Pertanyaan selanjutnya, darimana sih dapat incomenya?

Passive income dari website

Kamu dapat mendapatkan penghasilan dari website dari 5 sumber. Sumber itu antara lain dari :

  • penjualan langsung (direct selling)  barang/jasa sendiri yang tawarkan,
  • penjualan langsung barang orang lewat dropshipping, dan
  • program affiliasi,
  • review produk dan
  • iklan dan endorsement.

Apabila kamu juga mengharapkan active income maka kamu juga harus membangun aset di media sosial. Di facebook ada 2 aset yang kamu bangun yaitu pertemanan dan fanpage. Di instagram dan twitter, aset follower yang wajib kamu cari. Di youtube, kamu mencari jumlah view dan subscriber sebanyak-banyaknya. Di linkedin, jaringan profesional yang harus terus dikembangkan.

Memulai Bisnis Online

Income dari Media Sosial

Mungkin kamu pernah mendengar tentang nilai instagram artis seperti Ayu Tingting, Syahrini atau Rafi Ahmad? Untuk sekali memposting di instagram nilai rupiah yang bisa mereka mencapai puluhan juta. Mereka adalah termasuk 5 Pengguna instagram dengan follower terbanyak di Indonesia

Ada “rule of thumb” untuk nilai postingan di instagram. Nilai rupiah postingannya itu sama dengan jumlah followernya. Nilai ini berlaku setelah follower kamu diatas satu juta follower. Harus organic follower, real, bukan follower robot.

Tahun 2017, follower Ayu Tingting di instagram adalah yang terbanyak yaitu sebesar 21,1 juta orang. Jadi kurang lebih sekali postingan Ayu Tingting untuk mempromosikan suatu produk akan bernilai 21,1 juta. Sehingga untuk 10 kali postingan, Ayu Tingting udah dapat beli avanza…hehehehe…fantastis bukan. Postingan kamu bernilai berapa?

Memulai Bisnis Online

Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial untuk jualan berbeda dengan media sosial kamu sebagai personal dari sisi teman dan followernya. Medsos personal bisa sama dengan medsos jualan apabila teman-teman kamu berada di niche bisnis kamu.

Teman dan follower di akun jualan ini tidak boleh sembarangan, kecuali kamu selebritis yang teman dan follower bisa siapa aja. Teman dan follower kamu harus berkualitas dan tertarget sesuai dengan niche kamu. Maksudnya begini, misalkan niche kamu adalah jualan laptop gamer, maka kalau bisa temen dan follower kamu ya para gamer. Jangan ibu-ibu sosialiata yang tidak pernah maen game di laptop.

Teman dan Follower tertarget

Bagaimana cara mencari teman dan follower yang tertarget?. Mencari teman tertarget di facebook dan di instagram dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara itu yaitu cara manual atau menggunakan software baik software gratisan maupun berbayar.

Teman dan Follower tertarget di Facebook

Dengan cara manual biasanya saya masuk ke suatu grup-grup di niche saya (pengertian niche ada paragrap selanjutnya). Selanjutnya orang-orang dalam grup itu bisa kamu add sebagai teman kamu. Dan kamu bisa juga menjual barang/jasa kamu di grup tersebut. Berjualan di grup harus dengan metode soft selling bukan hard selling. Dengan hard selling kamu bisa dikick atau banned oleh admin bahkan oleh fb. Satu lagi, jangan masuk grup jual beli karena disitu isinya pedagang semua bukan pembeli.

Lebih gampang lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi online di www.searchisback.com. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menarget teman-teman sesuai kriteria kamu. Kita bisa menarget berdasarkan banyak hal seperti interest, pekerjaan, pendidikan, dll.

Dalam sehari semalam supaya tidak dibanned oleh facebook, maksimum kamu boleh nge-add hanya 20 calon teman baru. Kamu harus lakukan hal ini setiap hari dengan random.

Misalnya setiap senin kamu add 17 orang, selasa 19 orang, dan rabu  15 orang. Minggu depan mengadd dengan jumlah yang beda lagi. Jumlah tersebut dibagi 3 yaitu nge-add pada pagi, siang dan malam. Pokoknya bagaimana caranya, proses nge-add friend kamu ini terlihat alami oleh facebook.

Teman dan Follower tertarget di Instagram

Bagaimana caranya di instagram? Berbeda dengan di facebook, untuk diinstagran hal yang pertama yang kamu cari adalah akun pesaing di niche kamu.

Cari akun yang sudah memiliki banyak follower dan aktif. Selanjutnya kamu follow orang-orang yang memfollow pesaing kamu. Lebih tajam lagi, kamu bisa hanya memfollow orang-orang yang memberikan komen/like/sharing di postingan saingan kamu.

Biasanya sepertiga dari orang yang kamu follow tersebut akan melakukan following-back (follback).

Memulai Bisnis Online

Kombinasi goal bisnis online

Mana yang bagus untuk dikerjakan, jangka panjang apa jangka pendek, yang aktif atau yang pasif? Yang bagus untuk dikerjakan adalah kombinasi keduanya. Tapi tujuan utama harus di setting di tujuan jangka panjang.

Sebagai contoh kamu memiliki website dan sekaligus memiliki media sosial untuk boosting mempercepat promosi produk/layanan kamu. Maka kombinasi pendapatan aktif dan pendapatan passive pun dapat diraih.

Setelah target passive income dari bisnis online ini dudapat, maka kamu dapat mulai mengurangi aktivitas aktif. Mulailah hidup yang lebih berkualitas. Apa hidup berkualitas bagi saya, menikmati hidup dengan keluargan tanpa memikirkan lagi tentang uang.

Mengapa harus punya website?

Ada 2 alasan utama kenapa harus punya website. Yang pertama adalah seperti bisnis lain kamu harus punya aset yang berkembang. Aset tersebut harus tetap ada dan nilainya harus terus meningkat nilainya siring waktu.

Untuk bisnis online ini, website ini dianggap sebagai aset. Dalam website ini, apapun yang kamu telah posting sampai kapanpun akan tetap ada dan searchable (dapat dicari) kecuali dihapus tentunya.

Sedangkan kebanyakan di media sosial tidak seperti itu, bahkan media sosialnya sendiri pun belum tentu ada terus. Ada trend bahwa media sosial itu seiring waktu, akan terus berganti bahkan mati. Di tahun 2008-2010an mungkin media sosial yang kamu kenal bernama friendster bukan facebook. Namun, saat ini siapa yang masih pake friendster.

Selain itu postingan kamu di medsos itu sangat dinamis. Kamu sendiri jarang melihat postingan kamu bulan lalu apalagi orang lain, apa lagi postingan kamu tahun lalu. Ditambah lagi, postingan kamu akan tertutup oleh postingan-postingan orang lain. Namun setidaknya, ada 3 media sosial yang bisa juga jadikan aset karena searchable. Medsos itu adalah youtube, pinterest dan linkedin.

Alasan kedua mengapa harus punya website untuk memeulai bisnis online adalah nilai website yang dapat meningkat. Seiring waktu apabila website kamu terus diisi maka kepercayaan orang dan kepercayaan google terhadap website kamu juga akan meningkat.

Apabila nilai website kamu bagus maka iklan dll akan meningkat pula yang otomatis pendapatan kamu juga meningkat.

Membuat Website WordPress Untuk Pemula (3 Langkah Tutorial Step by Step)

Baca juga : Membuat Website WordPress untuk Pemula (3 Langkah Tutorial Step by Step)

Tentukan Niche Kamu

Tentukanlah Niche sebelum memulai bisnis online kamu.

Apa itu niche? niche adalah adalah pasar yang yang sangat fokus terhadap suatu jenis atau layanan tertentu. Niche bisa dilihat dari produk/layanan yang kamu berikan. Mudahnya bisa kamu lihat menu ecommerce seperti tokopedia,  bukalapak atau lazada.

Sebagai contoh ada kategori peralatan elektronik,  kemudian ada laptop. Ada yang mengatakan bahwa laptop merupakan sebuah niche. Bisa ya bisa tidak. Saya pribadi kurang setuju bahwa laptop adalah sebuah niche. Mengapa?karena laptop masih banyak macamnya. Misalnya laptop yang dipergunakan untuk kerja, hanya untuk gaya atau untuk maen hobi game.

Menurut saya peralatan elektronik merupakan market, laptop adalah sub market dan laptop untuk gamer adalah niche nya. Jadi kalo laptop dijadikan niche oleh kamu mungkin masih akan terlalu luas. Terlalu banyak pesaing bagi kamu yang baru memulai bisnis online.

Niche ini jangan terlalu besar tapi jangan terlalu kecil. Apabila terlalu besar maka ibarat ikan teri yang berada di lautan, saingan terlalu berat. Tapi jangan juga terlalu kecil karena ini bagaikan ikan hiu didalam aquarium rumah. Kamu harus menjadi ikan yang tepat di habitat kolam yang tepat. Jadi apa niche anda? Silahkan beri komen dibawah untuk berdiskusi apakah niche kamu terlalu luas atau terlalu sempit.

Tentukan Niche dengan bantuan kata kunci (keywords)

Untuk menentukan besar kecilnya suatu niche kita bisa kita prediksi dengan melakukan survei keywords. Ada beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk meriset berapa besar niche kamu. Yang sering saya pakai adalah ubbersuggest dan keywordrevealer karena dengan ubbersuggest ini kamu bisa mengetahui berapa besar volume pencarian keywords produk kamu per bulan.

Apabila kamu belum memiliki produk yang dijual, kamu bisa melakukan survei produk-produk apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Survei ini bisa dilakukan juga menggunakan tools diatas. Untuk memilih produk, hal pertama dicari adalah seberapa besar volumenya. Kemudian dicek juga tingkat kompetisinya. Sebagai contoh jualan sepatu sneaker, dengan keyword “sepatu sneaker” memang volumenya besar akan tetapi kompetisinya tinggi. Untuk itu kamu bisa pilih keyword yang lain, misalnya “sepatu sekolah” atau “sepatu casual” yang memiliki tingkat kompetisi menengah. Tetapi jangan juga pilih yang kompetisinya rendah dan volume rendah juga.

Idealnya yang harus dicari adalah keyword (representasi barang jualan kamu) yang memiliki volume besar tetapi tingkat kompetisi rendah. Mengapa jangan pilih yang level kompetisinya tinggi? Jawabannya adalah di keyword tersebut, kamu akan bersaing dengan perusahaan-perusahaan raksasa yang memiliki modal marketing dan iklan besar. Kamu akan seperti ikan teri yang besaing dengan ikan hiu di lautan. Mengapa jangan juga yang volumenya rendah? karena artinya permintaan produknya kecil ini bagaikan ikan hiu dalam aquarium rumah.

Memulai Bisnis Online

M3 : Mulai dari hal yang kecil

Apa maksudnya mulai dari hal yang kecil untuk mulai bisnis online kamu? Artinya kamu harus mulai dengan media yang membutuhkan modalnya kecil. Bahkan kalo ada, mulailah dengan yang gratisan. Selain itu, kamu bisa mulai dengan yang mudah dulu.

Pertanyaannya, emang ada ya media yang gratisan? Jawabannya ada, walaupun pasti ada keterbatasan-keterbatasan. Namanya juga media gratis alias cuma-cuma

Seperti saya jelaskan di bagian sebelumnya bahwa media online ada 2 yaitu media sosial dan website. Maka carilah di media-media tersebut yang membutuhkan modal paling kecil.

Buatlah website sebagai aset pertama untuk memulai bisnis online

Selain membuat akun media sosial yang pasti gratis, membuat website pun ada yang gratis lho. Tempat pembuatan website yang gratis ada di blogger, wordpress, medium, dll. Sering ada yang nanya, apa beda blog,  website dan homepage? Jawabannya adalah mereka itu adalah jenis binatang yang sama, podo wae, eta-eta keneh.

Walaupun ada yang gratis, untuk website ini saya menyarankan sangat untuk tidak ikut hosting dan domain gratisan. Mengapa? Karena website kamu ini akan menjadi aset kamu. Murah kok masih dibawah sejutaan bahkan ada yang dibawah 400 ribuan.

Sebelum dilanjutkan, saya bahas dulu pengertian hosting dan domain. Tapi saya menjelaskan dengan analogi dunia nyata.  Sebagai analogi, domain itu seperti alamat toko seperti https://tomkins.store ,https://kebayarosi.com  dan https://bisnispns.com.

Domain ini nempel di hosting yang bisa dianalogikan seperti tanah. Seperti dunia nyata, kalo kamu punya toko diatas tanah yang bukan milik sendiri. Maka kamu sewaktu-waktu bisa di usir oleh pemilik tanah. Nah, website kamu yang ada di domain dan host gratisan analoginya seperti diatas.

Sebagai permulaan, alamat website (nama domain) yang kamu buat dapat berupa merek produk/nama usaha kamu atau berupa jenis produk. Misalnya udinkomputer.com atau laptopgamer.com.

Apabila masih belum ada ide, bisa pake nama kamu sendiri seperti deddynurfaqih.comsuaeb-zikir.com. Nama domian ini bebas-bebas aja. Saat ini metode SEO dengan menggunakan keyword sebagai nama domain sudah tidak zaman lagi. Jadi namakan website kamu semenarik mungkin tapi usahan nama website sebagai penunjuk awal isi dari website kamu.

Dewaweb Dewa-nya penyedia hosting dan Domain

Setelah berkali-kali gonti-ganti penyedia hosting dan domain, akhirnya saya puas dengan penyedia hosting dan domain bernama dewaweb. Dewaweb ini tidak seperti penyedia hosting/domain yang dulu saya gunakan. Di penyedia sebelumnya, saat beli respon CS-nya cepat banget namun pas ada trouble CS-nya tidak merespon.

Memulai Bisnis Online

Tapi tidak dengan Dewaweb ini, mereka punya CS Ninja 24 jam yang responsif yaitu dewaweb ninja. Jadi saat tengah malam sekalipun, si ninja ini selalu menjawab pertanyaan dan keluahan saya. Harap maklum, saya butuh ninja mala-malam karena saya ngerjain websitenya setelah jam kantor.

Hal plus lainnya adalah karena dewaweb ini menggunakan cloud hosting sehingga loading website kamu lebih cepat dan ada backup data kalau suatu waktu website kamu ada masalah. Selain itu, sampai saat ini security dewaweb masih yang teraman dan bisa diandalkan.

Cara Susah vs Cara Mudah

Untuk memulai bisnis online, kamu punya 2 pilihan. Pilihan itu ialah memulai bisnis online dengan cara susah (hard way) atau cara mudah (easy way).

Cara susah adalah cara berliku-liku dengan belajar sendiri (autodidak) tanpa bimbingan. Semua cara, semua tips, semua trik dicoba yang akhirnya kena “overload information syndrome”. Dampak negative yang lain gara-gara coba-coba ini, kamu akan tidak fokus dan tidak konsisten.

Cara gampang dan mudah adalah dengan copycat atau meniru cara orang yang sudah berhasil dalam bisnis online ini. Dan semoga orang itu mau membimbing kamu. Selain itu cari juga, lingkungan yang membuat kamu semakin semangat berbisnis dan menjaga semangat itu. Hal-hal diatas bisa didapat kalau kamu bergabung dengan komunitas.

Memulai Bisnis Online

Masuk komunitas adalah kewajiban untuk memulai bisnis online

Dalam mencari komunitas ini kamu harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Carilah komunitas yang berkembang artinya komunitas tersebut sehat dan maju karena banyak anggotanya sukses.

Carilah komunitas yang rasional yang tidak menjanjikan hal yang muluk-muluk.  Komunitas tersebut memiliki goal settting dan cara mencapainya dengan jelas.

Carilah komunitas tersebut aktif dan real maksudnya banyak komunitas yang tidak real hanya ada didunia maya. Kamu hanya diberi akeses masuk grup fb, grup wa yang satu arah atau tidak interaktif. Padahal sebagai pemula banyak hal-hal yang perlu ditanyakan dan diskusikan.

Saya telah masuk beberapa komunitas, yang memenuhi syarat-syarat diatas salah satunya adalah komunitas SB1M.

Di komunitas ini prinsip 3M juaga diterapkan.

M pertama, Mulai dari diri sendiri, disini kamu dijanjikan bahwa komunitas hanya mendukung kesuksesan bisnis kamu. Namun semuanya akan tergantung usaha dan kerja keras kamu.

M kedua, Mulai dari saat ini, komunitas selalu mendorong kamu untuk segera memulai. Jadi apabila kamu sudah tahu ilmunya langsung dipraktekan saat itu juga. Bahkan disediakan waktu dan tempat untuk mengerjakan bareng-bareng sesama anggota komunitas dengan dibimbing mentor.

M ketiga, Mulai dari hal yang kecil, di komunitas ini diajari sampai hal-hal kecil, basic, dan simple bagi pemula.

Silahkan langsung bergabung gratis menjadi freemember SB1M, bila kamu penasaran dengan komunitas ini.

Memulai Bisnis Online

Kesimpulan

Jadi apa kesimpulan tentang cara memulai bisnis online diatas.

  • Mulai dari sendiri : miliki mindset tekad kuat, fokus, dan konsisten
  • Mulai dari saat ini : tentukan model, tujuan, medium dan niche bisnis
    • Jangka Menengah-Panjang dan Passive Income : Website dan Media Sosial (Youtube dan Pinterest)
    • Jangka Pendek-Menengah dan Active Income : Media Sosial (facebook, instagram, pinterest dan Linkedin)
  • Mulai dari hal yang kecil : mulailah buat website sesuai niche, buat akun media sosial dengan follower tertarget dan masuk komunitas bisnis online.

 

 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *