9 Tanda harus Resign dan Pindah Kerja (Kamu wajib tahu!)

tanda harus resign dan pindah kerja

Tanda harus Resign dan Pindah Kerja

Tahu gak kalau I hate Monday itu adalah salah satu tanda harus resign dan pindah kerja? Ada 8 tanda lagi lain yang wajib kamu tahu. Bila salah satu tanda apalagi lebih itu ada di keadaan kamu sekarang, pertimbangkanlah cari kerja/tempat yang lain. Meskipun ada dilema pindah kerja atau bertahan, kamu jangan takut pindah kerja kalo semua tanda sudah ada sekarang.

Berikut adalah 9 , yaitu:

  1. Masa depan perusahaan tidak jelas
  2. Tidak memiliki ruang dan waktu untuk meningkatkan kualitas diri
  3. Berada diluar lingkaran kekuasaan
  4. Apabila kompetensi bos lebih rendah daripada anak buahnya
  5. Memiliki bos buruk yang bertahun-tahun tidak pindah
  6. Kehilangan hasrat untuk bekerja
  7. Takut untuk kerja.
  8. Menggangu kesehatan
  9. Kehidupan pribadi anda terganggu

tanda harus resign dan pindah kerja

Pengantar

Saya sangat bersemangat membaca artikel dari Travis Bradberry, seorang konsultan karir, yang berjudul “9 Signs It's Time to Quit Your Job” ini. Saking semangatnya, saya coba tulis ulang artikel tersebut dengan judul “ 9 Tanda Harus Resign dan Pindah Kerja”.

Di tulisan ini saya tambahkan pendapat dan pengalaman saya saat kerja sebagai karyawan swasta dulu . Selain itu saya tambahkan konteks saya saat ini sebagai PNS.

Hidup untuk Kerja atau Kerja untuk Hidup?

Sadarkah kamu, kalo kebanyakan waktu dalam hidup kamu akan dihabiskan untuk bekerja. Mengejutkannya, menurut survey, 85% orang di Amerika Serikat tidak menyukai pekerjaannya sekarang. Di Cina dan Jepang,  hal ini bahkan mencapai 94%. Di Indonesia, hal ini mungkin gak sebesar itu karena banyak yang tidak punya pekerjaan….. hehehehe.

Anggaplah bahwa nilai persentase di Indonesia sama dengan US dan Cina. Ada kemungkinan bahkan kemungkinan besar, kita (kamu dan saya), akan termasuk dalam golongan yang 85% atau 94% itu, bener gak?.

Sebelum membahas 9 tanda harus resign dan pindah kerja tadi. Ada tanda lain yang harus kamu tahu. Tanda apa itu? yaitu tanda apa yang mencirikan kamu suka/tidak suka pekerjaan kamu sekarang.

Tanda-Tanda Kamu Menyukai Pekerjaan

Ingat kebanyakan waktu hidup kamu habis oleh kerja kamu. Sehingga apabila kamu tidak menikmati pekerjaan artinya kamu menyia-nyiakan hidup kamu ini. Saya berpendapat bahwa tidak apa-apa kamu menghasilkan uang lebih sedikit dari pekerjaan yang kamu cintai. Jadi pindah kerja gaji lebih kecil bukanlah hal yang tabu.

Tanda utamanya adalah  apabila kamu senang menghabiskan waktu anda ditempat kerja dibandingkan nongkrong di tempat lain. Hal ini bisa saja karena kamu menyukai sebagian besar orang-orang dikantor kamu.

Menghabiskan waktu disini ini dalam artian bekerja ya. Bukan dalam artian kamu hanya menghabiskan waktu karena tidak ada pilihan lain. Atau kamu mengerjakan hal-hal yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan kamu. Banyak juga yang nongrong di kantor tapi gak kerja.

Bila tanda-tanda itu ada di kamu sekarang, ini artinya kamu berada ditempat yang tepat. Kamu berada di perusahaan yang sesuai untuk mengejar kesempatan yang tepat.

tanda harus resign dan pindah kerja

Tanda-Tanda Kamu Berada di Tempat Buruk

Ingat kamu harus berada di tempat yang benar bukan tempat buruk untuk bekerja. Berada di pekerjaan yang buruk terlalu lama akan membahayakan karir kamu.

Apa ciri kamu berada di pekerjaan yang buruk?. Tandanya adalah apabila kamu merasa sudah berbuat semua hal secara optimal. Kamu pikir dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik. Namun hasilnya tidak ada perubahan besar yang terjadi. Itulah tanda utama, kamu saat ini berada di pekerjaan yang buruk. Kalo kamu berada di tempat buruk ini, kamu harus putuskan kapan kamu harus resign.

 

9 Tanda harus Resign dan Pindah Kerja

Selanjutnya adalah uraian tentang tanda-tanda harus resign dan pindah kerja dari tempat kamu kerja sekarang.

1.   Masa depan perusahaan tidak jelas

Dalam bekerja, kamu pastilah mengejar sesuatu yaitu kemajuan karir. Akan tetapi apabila kamu mengejar karir di perusahaan yang mau bangkrut. Ini ibarat mengejar karir di perahu yang akan tenggelam. Ini adalah suatu kesalahan besar yang harus kamu hindari. Pergilah dari perahu tersebut sebelum, kamu ikut tenggelam dengan perahu tersebut.

Apa tanda-tanda suatu perusahaan akan bangkrut. Salah satu tandanya adalah apabila upper level manajemen sering melakukan rapat tertutup. Kamu akan bisa merasakan rapat tertutup yang normal dan yang menuju kebangkrutan. Seringnya penundaan pembayaran invoice diluar kebiasaan, juga bisa menjadi tanda lain.

Apabila 2 tanda itu sudah ada di perusahaan kamu, ini adalah tanda pertama dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja.

Bagaimana di PNS, apabila anggaran rutin sudah mulai dipotong maka itu tanda divisi kamu itu less important, bukan prioritas dan tidak akan berkembang. Kalo semua bagian seperti itu?..hehehehe….sabar aja mas bro mba sis…Ini tanda negara sedang sulit. Tanda akan bangkrut? Menurut kamu? Silahkan komen dibawah….

tanda harus resign dan pindah kerja

2.   Tidak memiliki ruang dan waktu untuk meningkatkan kualitas diri

Kamu memang akan sangat enjoy di tempat kerja  dimana kamu mengerjakan hal-hal kamu kuasai dan kamu senangi. Kamu bisa analogikan dengan naik sepeda saking senang dan menguasainya kamu lepas tangan saat naik sepeda. Tapi satu hal yang harus kamu ingat bahwa setiap kerjaan harus menambah kompetensi kamu.

Jika di kerjaan kamu itu, kompetensi kamu tidak bertambah karena tidak belajar sesuatu yang baru. Hanya mengerjakan hal yang sama berulang-ulang, tidak penambahan kualitas hanya bertambah kuantitas.

Ditambah ciri lain yaitu apabila rekan-rekan disekeliling kamu mendapatkan promosi dan kamu terjebak di posisi yang sama. Mungkin ini saatnya kamu mencari tempat lain yang lebih cocok. Karena hal ini ini adalah tanda kedua dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja.

Hal diatas di lingkungan PNS pun terjadi. Hal ini terjadi apabila tanpa ada rotasi di waktu yang tepat. Kamu bekerja belasan/puluhan tahun diposisi yang kurang lebih sama, tahunya itu-itu saja. Kamu terjebak rutinitas yang kamu anggap kewajiban dengan melupakan hak kamu untuk maju.

Hal lain yang dapat meningkatkan kompetensi adalah dengan diklat atau menjadi bagian tim. Apabila kamu mendapatkan diklat secara reguler, bekerja di tempat yang sama tidaklah bermasalah.

Hal lain adalah kamu ikut terlibat dalam suatu tim lintas bagian bahkan kementerian, maka mengerjakan hal yang sama untuk tujuan berbeda juga tidak apa-apa.

tanda harus resign dan pindah kerja

3.   Berada diluar lingkaran kekuasaan.

Apa artinya ini? Kamu lihat saja tanda-tandanya langsung. Apa tanda dan gejalanya? Jadi apabila kamu selalu menjadi orang terakhir yang tahu sesuatu berita dikantor, tidak pernah ikut rapat dengan manajemen level atas,  dan kamu tidak pernah mendengar kabar proyek besar perusahaan yang sedang ditangani.

Bila 3 gejala tersebut sudah kamu rasakan, maka segera siapkan resume karena saat ini kamu hanya dianggap sebagai pengisi kursi dan meja kerja saja. Kamu bukanlah dianggap sebagai seorang yang memberikan kontribusi. Hal ini jelas-jelas buruk untuk karir kamu ke depan. Ini tanda selanjutnya dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja.

Bagaimana dengan kamu di PNS? Hal itu juga terjadi. Jadi apa tanda-tandanya yakni apabila tidak ada/sedikit disposisi di meja kamu. Namun sebaliknya, meja di sebelah, meja rekan kamu,  terdapat disposisi tersebut menumpuk.

Anehnya ada juga PNS yang seneng dengan keadaan seperti ini. Kecuali kamu memang diberikan tugas jangka panjang yang susah dan memerlukan pemikiran. Sehingga satu disposis setara dengan puluhan disposisi biasa. Kalo ini malah bagus, kamu dipercaya mengerjakan yang lebih strategis daripada praktis.

tanda harus resign dan pindah kerja

4.   Apabila kompetensi bos lebih rendah daripada anak buahnya

Pembahasan awal bagian ini adalah sedikit tentang apa itu kompetensi. Apa itu kompetensi? gampangnya kompetensi itu adalah KSA (Knowledge, Skills, and Attitude)= PKS (Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap).  Jadi mengapa kalau bos kamu seperti itu jadi satu tanda dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja?

Dalam artikel tersebut dijelaskan alasannya mengapa. Dikatakan bahwa, hal itu akan membuat kamu frustasi karena bekerja dengan seseorang yang kamu tidak percaya kompetensinya.

Ditambah kamu pun harus mempercayakan kepadanya keputusan-keputusan penting dengan sesorang yang kompetensinya lebih rendah. Lebih jauh lagi, kamu yakin bahwa dia tidak punya kompetensi yang cukup sehingga keputusannya akan membawa perusahaan ke jurang kehancuran.

Apakah kamu sebagai PNS merasakan keadaan yang hal itu? Iya bahkan mungkin bisa lebih buruk. Hal ini akan lebih buruk dilihat dari keadaannya dan keadaan yang ditimbulkan. Lebih buruk dari keadaannya, artinya bos kamu bahkan bisa dikatakan tidak miliki kompetensi bukan hanya kompetensinya lebih rendah.

Lebih buruk dari akibat yang ditimbulkan, hal ini karena keputusannya tidak hanya berpengaruh kepada perusahaan seperti di swasta tapi berpengaruh kepada masyarakat secara umum.

tanda harus resign dan pindah kerja

5.   Memiliki bos buruk yang bertahun-tahun tidak pindah

Katanya bos itu akan datang dan pergi, makanya ada peribahasa yang mengatakan kamu jangan keluar kerja dulu, tunggu aja bos buruk kamu yang keluar.

Tapi ternyata bos buruk kamu memiliki hubungan yang baik dengan manajemen atas. Dia tidak dipindah-pindah meskipun performanya buruk.

Bos buruk ini biasanya memiliki sifat penjilat. Istilahnya bos yang menguasai gaya katak. Apa itu “gaya katak”?  yaitu orang yang jago menjilat/menyembah ke atasan, menyikut ke sesama rekan dan menginjak ke bawahan. Bos yang selalu mengambil semua kredit pekerjaan anak buah yang baik/sukses, tetapi sebaliknya langsung menyalahkan anak buahnya bila melakukan kesalahan.

Kalo kamu punya bos kayak gitu, ini saatnya kamu packing-packing barang kamu dan cari pekerjaan lain. Ini adalah the next sign dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja

Bagaimana di PNS? Ya sama aja, bahkan kadang-kadang tipe gini yang bisa maju karirnya. Bahayanya lagi, bos kayak gini tidak merasa kalau dia begitu, dia tidak merasa dibenci banyak orang,  dia merasa hebat dan tidak tergantikan. Semoga bos-bos di PNS di negeri kita gak kayak gini ya. Ini saya cerita PNS di negeri antah-berantah hehehehehe…..

tanda harus resign dan pindah kerja

6.   Takut untuk kerja.

Apabila kamu banyak ketakutan setiap senin atau setiap mulai untuk sesuatu dalam pekerjaan mungkin inilah saatnya berhenti kerja di tempat tersebut. Takut untuk dan saat kerja adalah tanda keenam dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja.

Takut salah mengerjakan sesuatu, takut tidak mampu, takut dipermalukan dan ketakutan lain yang berlebihan. Ketakutan adalah sifat alami yang membuat kamu saiga sehingga belajar, dan mempersiapkan diri. Tapi kalau ketakutan yang berlebihan seperti ini merupakan suatu kondisi yang tidak sehat bagi kamu.

Jangan selalu mengatakan pada diri kamu sendiri, bahwa minggu kemarin adalah minggu yang buruk. Kamu mengatakan bahwa kamu takut karena hal ini dan hal itu. Kemudian kamu berharap, semoga minggu ini akan lebih baik (kayak lagu dragon ball, “… Bila kau kembali dari langit,  Smoga hidup kan jadi lebih baik…” ).

Namun ketakutan itu tetap menghantui setiap waktu. Sebenarnya kamu bukan punya minggu yang buruk tapi pekerjaan yang buruk.

PNS gimana? Entah gimana, saya melihat banyak orang sebagai PNS hidup dalam ketakutan terutama takut kepada bos, takut bos marah, takut bos tidak puas, takut bos kesal yang akhir-akhirnya takut tidak dipromosikan atau bahkan takut jabatannya di turunkan.

Apalagi yang merasa tidak punya atau kurang memiliki kompetensi (KSA) dalam dirinya untuk suatu posisi/jabatan tertentu, maka mungkin ketakutan itu selalu menghantui.

tanda harus resign dan pindah kerja

7.   Kehilangan hasrat untuk bekerja.

Bahkan bila kamu menyukai perusahaan, menyukain bos, dan rekan kerja kamu bukan berarti kamu tidak benci pekerjaan kamu. Hasrat/passion ini merupakan bumbu penting yang harus ada untuk meraih kesuksesan.

Kika kamu tidak antusias dan hanya ingin biasa-biasa aja tidak ingin menonjol di kerjaan kamu, mungkin inilah saatnya untuk kamu menilai ulang karir kamu di pekerjaan sekarang.

Di PNS pun sama, banyak orang kehilangan hasrat apalagi di PNS, goal pribadi masing-masing pegawai belum didefinisikan dengan jelas. Karena ada suatu kondisi dimana segala sesuatunya harus bisa saling subtitusi. Sebagai contoh, apabila si A tidak ada maka harus ada yang bisa menggantikannya.

Hal ini bisa bertambah buruk apabila bos kamu bukan tipe pemimpin dan motivator yang baik, akhirnya kamu hanya mengerjakan kerjaan yang disuruh dengan target asal lolos dari bos bukan ingin mengerjakan yang terbaik.

Kehilangan passion tanda ketujuh 9 tanda harus resign dan pindah kerja.

tanda harus resign dan pindah kerja

8.   Menggangu kesehatan

Di dunia ini, tidak ada satu pekerjaan pun yang cukup berharga sehingga kamu harus mengorbankan kesehatan anda.

Stres gara-gara pekerjaan ini akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti depresi, insomnia,  sakit kepala, sakit yang berulang dan sakitnya itu seiring waktu kian bertambah buruk. Dengan keadaan seperti ini, kamu harus tahu kapan harus berhenti kerja. Jangan sampai penyakit itu yang akhirnya menghentikan kamu.

Jangan biarkan hal ini terjadi pada kamu. Pikir ulang kembali pekerjaan dan karir kamu. Bagaimana dengan keadaan di PNS? saya skip bagian ini karena tidak ada bedanya dengan keadaan di swasta.

tanda harus resign dan pindah kerja

9.   Kehidupan pribadi anda terganggu.

Apakah karena anda bekerja dengan waktu yang berlebihan atau kamu stress dan menderita saat kan pulang ke rumah. Ini saatnya meninggalkan pekerjaan yang mengganggu kehidupan pribadi kamu.

Dalam hidup ini, kamu harus adil dan work balance. Adil artinya menempatkan segala sesuatu pada  tempatnya. Sebagai contoh waktunya kerja, kamu harus kerja secara optimal. Namun, apabila anda sudah kerja secara optimum sesuai dengan kontrak dan kantor menuntut lebih, mungkin inilah waktunya dan saatnya berkata ” I'm quit, boss”. Dan mulailah life balance yang berkualitas.

tanda harus resign dan pindah kerja

Persiapan Resign

Jika kamu memutuskan untuk berhenti di pekerjaan sekarang. Jangan gunakan alasan-alasan diatas sebagai alasan utama kenapa kamu berhenti. Tetapi katakan bahwa kamu ingin mengejar kesempatan lain yanga lain.

Kamu harus tetap memiliki hubungan baik dengan perusahaan, bos, rekan kerja dan bawahan kamu. Ingat bagaimanapun mereka tetap jaringan anda,  suatu saat kamu pasti berhubungan lagi.

Ada kecenderungan berbeda antara kamu yang bekerja sebagai karyawan swasta dan kamu (termasuk saya) sebagai PNS.

Kamu yang diswasta mungkin lebih memilih cari perusahaan baru tapi kamu yang di PNS lebih memilih cari bagian lain untuk bisa pindah ke sana. Selain mencari perusahaan baru atau bagian baru sebagai tempat berkarir, pilihan mencari peluang usaha sampingan yang cocok sesuai hobi dan passion kamu menjadi alternatif.

Baca Juga : 9 Ide Bisnis dari Hobi yang Menghasilkan Uang (+Plus 3 Kunci Sukses)

Semua pilihan ada ditangan kamu, semua tanda-tanda diatas tidak mutlak benar. Biasanya kamu berpikir ingin resign tapi belum dapat kerja baru. Sekali lagi saya ulang kamu harus menentukan satu titik kapan kamu harus resign dari pekerjaan yang memenuhi 9 tanda diatas. Jadi kamu jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Online Mulai dari Nol (Ikuti 3 Langkah ini!)

Pikirkan baik-baik minta pendapat orang lain,  sholat istikharah bagi muslim. Semoga saduran saya tentang 9 tanda harus resign dan pindah kerja ini berguna bagi kamu.

Kesimpulan

Apabila salah satu atau lebih dari 9 tanda harus resign dan pindah kerja ada di keadaan kamu sekarang, pertimbangkanlah cari kerja/tempat yang lain. Meskipun ada dilema pindah kerja atau bertahan, kamu jangan takut pindah kerja.

Berikut 9 tanda tersebut:

  1. Masa depan perusahaan tidak jelas
  2. Tidak memiliki ruang dan waktu untuk meningkatkan kualitas diri
  3. Berada diluar lingkaran kekuasaan
  4. Apabila kompetensi bos lebih rendah daripada anak buahnya
  5. Memiliki bos buruk yang bertahun-tahun tidak pindah
  6. Kehilangan hasrat untuk bekerja
  7. Takut untuk kerja.
  8. Menggangu kesehatan
  9. Kehidupan pribadi anda terganggu

4 komentar untuk “9 Tanda harus Resign dan Pindah Kerja (Kamu wajib tahu!)”

  1. Keren. Resign atau pindah tempat kerja? Kalo bagi seorang PNS, rasanya sayang sekali jika harus resign. Kudu dipikir dengan matang dulu. Kalo persoalan finansial, mungkin bisa coba dulu bisnis online, salah satunya dengan menjadi blogger. Peluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui blogging bisa kok dilakukan oleh PNS. Paling tidak itu yang selama ini saya jalani sebagai blogger. Walau belum sebesar blogger-blogger senior, tapi paling tidak bisa menambah penghasilan bulanan saya dari adsense.
    Penghasilan sebagai seorang blogger juga beragam kok sumbernya. Bisa adsense, amazon, jvzoo, warriorplus dan lain-lain. Buat saja blog gratisan di blogspot. Konsisten menulis artikel paling tidak 2-3 artikel per hari, sesuai topik yang kita suka dan kuasai. Itu saja. Hasilnya lumayan kok.

    Salam sukses.
    Richard D.
    Blog Bisnis PNS
    https://blogbisnispns.blogspot.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: checked